Pengertian Penawaran Barang dan Jasa
Penawaran adalah jumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu.
Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran meliputi:
a. Biaya produksi : Besar
kecilnya biaya produksi berpengaruh terhadap banyak sedikitnya barang
dan jasa yang ditawarkan. Pada umumnya, produsen akan mengurangi
kegiatan produksi yang menelan biaya besar, sehingga barang yang
dihasilkannya pun terbatas. Akibatnya jumlah barang/jasa yang ditawarkan
berkurang. Sebaliknya, jika biaya produksinya rendah, produsen akan
menghasilkan barang dalam jumlah besar, sehingga penawaran pun
bertambah.
b. Tingkat teknologi : teknologi
tinggi mampu menghasilkan barang dalam jumlah besar. Banyaknya hasil
produksi mengakibatkan bertambahnya penawaran. Dengan demikian dapat
dikatakan bahwa makin tinggi teknologi yang dipergunakan dalam proses
produksi, maka makin banyak pula penawaran barang/jasa.
c. Harga barang lain : Ketika
minyak tanah dan gas harganya melambung bahkan langka di pasaran,
banyak ibu rumah tangga yang beralih menggunakan arang sebagai bahan
bakar alternatif. Akibatnya penawaran arang pun meningkat. Arang
merupakan barang pengganti (substitusi) bagi minyak tanah atau pun gas.
Hukum Penawaran
Hukum penawaran menyatakan bahwa “ jika
harga barang yang ditawarkan naik, maka jumlah barang yang ditawarkanpun
akan bertambah, dan sebaliknya, jika harga barang turun, maka jumlah
barang yang ditawarkan pun akan berkurang.”
Kurva Penawaran
Hubungan antara harga barang dengan
jumlah barang yang ditawarkan pada waktu dan tempat tertentu dapat
dilukiskan dalam bentuk grafik yang disebut sebagai kurva penawaran.
Pada umumnya, kurva penawaran bergerak naik dari kiri bawah ke kanan
atas. Kondisi tersebut menandakan bahwa antara harga barang dan yang
ditawarkan bersifat positif, artinya makin tinggi harga suatu barang,
maka makin banyak jumlah barang yang ditawarkan.
Harga Keseimbangan
Pengertian harga keseimbangan adalah harga kesepakatan antara penjual dan pembeli yang tercipta melalui proses tawar menawar.
Proses Terbentuknya Harga Keseimbangan
Terbentuknya harga keseimbangan melalui
proses tawar menawar antara penjual dan pembeli sehingga tercapai
kesepakatan harga. Dalam proses ini, penjual menurunkan harga
permintaan, sebaliknya pembeli menaikkan penawarannya sehingga bertemu
pada titik harga yang menjadi kesepakatan bersama.
0 comments:
Post a Comment