Perkembangan ASEAN dan peran Indonesia


Politik luar negeri RI pasca kemerdekaan selain bekerja sama dalam KAA juga berperan aktif dalam ASEAN.
                Bagamana peran Indonesia dalam ASEAN? Marilah kita diskusikan materi berikut ini.

1.       Latar Belakang Terbentuknya Asean
ASEAN (Association of South East Asia Nations) atau Perihimpunan Bangsa – Bangsa Asia Tenggara (PERBARA), merupakan organisasi kerjasamaregional negara – negara Asia Tenggara di bidang ekonomi, social, dan kebudayaan. Meskipun organisasi ini bertekad mewujudkan stabilitas dan keamanan kawasan Asia Tenggara dari pengaruh asing, tetapi merupakan organisasi politik. Hal ini dapat dilihat dari latar belakang berdirinya ASEAN
        Berdirinya Asean di dorong oleh beberapa faktor diantaranya sebagai berikut.

a.       Faktor Intern (dari dalam), yakni setelah berakhirnya Perang Dunia II lahitlah negara – negara baru di Asia Tenggara. Munculnya negara-negara baru ini pada umumnya banyak memiliki persamaan masalah, oleh karena itu perlu sikap dan tindakan bersama untuk mewujudkan stabilitas dan keamanan kawasan ini melalui ASEAN.
b.      Faktor Ekstern (dari luar), yakni akibat krisis Indocina yang ditimbulkan oleh gerakan komunis yang berusaha menguasai seluruh Vietnam, Laos, dan Kamboja (Kampuchea) sebagai negara komunis,maka negara-negara tetangga di kawasan ini merasa khawatir dan bersepakat menghadapi ancaman ini dengan membentuk ASEAN.
2.       Sejarah Berdirinya Asean
        Deklarasi ASEAN ditandatangani pada tanggal 8 agustus 1967 di Bangkok (Deklarasi Bangkok) oleh lima utusan dari 5 negara di kawasan Asia Tenggara. Kelima tokoh yang menandatangani Deklarasi Bangkok adalah :
a.       Adam Malik (Menteri Luar Negri Indonesia);
b.      Tun Abdul Razak (Wakil Perdana Menteri Malaysia); 
c.       S.Rajaratnam (Menteri Luar Negri Singapura);
d.       Narsisco Ramos (Menteri Luar Negri Filipina); dan
e.      Thanat Khoman (Menteri Luar Negeri Muang Thai)


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment